1.
Paragraf berikut yang merupakan teks persuasif
adalah ….
a. BJ. Habibie merupakan tokoh yang sangat dikagumi
bukan hanya di Indonesia, melainkan di luar negeri juga. Otaknya yang cemerlang
dan jasanya terhadap bangsa ini menempatkan beliau pada 5 besar tokoh terpintar
di dunia.
b.
Banyak siswa yang melanggar kedisiplinan
akhir-akhir ini. Semua itu karena kurangnya kesadaran mereka untuk mematuhi
peraturan. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan nilai-nilai kedisiplinan
kepada para siswa agar mereka mau menaati peraturan yang dibuat.
c.
Film Laskar Pelangi menuai sukses
besar. Lebih dari 1 juta penonton hingga hari ini film tersebut ditayangkan.
Antrean panjang di setiap bioskop menjadi pemandangan yang biasa sejak
ditayangkannya Laskar Pelangi di bioskop-bioskop.
d.
Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus
Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari
100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.
2.
Bacalah teks berikut!
(1) Sejak
terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana
tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. (2) Banyak
organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk
korban bencana tersebut. (3) Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah,
dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial. (4) Oleh
karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. (5)
Kami organisasi Sosial Peduli kasih tidak pernah meminta sumbangan dengan
cara-cara seperti itu.
Kalimat bujukan
atau imbauan pada teks tersebut ditandai oleh nomor ….
a. 1 c. 3
- 2 d. 4
3.
Bacalah teks berikut!
Betapa sulitnya
seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal
pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga
20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di
Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih
banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah
sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat
pada diri Anda.
Simpulan yang
tepat untuk teks tersebut adalah ….
a. Pecandu rokok
harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan.
- Harga
rokok di luar negeri sangat mahal bahkan setara dengan pendapatan buruh.
- Orang
Cina menghabiskan rokok lebih banyak daripada makanan dan kebutuhan pokok.
- Di
Malaysia harga rokok mencapai 20 ringgit setiap batangnya.
4. Kalimat berikut
yang merupakan kalimat ajakan adalah ….
a.
Bukakan pintu untukku!
b.
Bacalah buku sebanyak mungkin!
c.
Minum obatmu tiga kali sehari!
d.
Marilah kita menjaga lingkungan bersama-sama!
5.
Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi
internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan
kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang
seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk
internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman
alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate;
teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah!
Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita
kunjungi. Bijaklah menggunakan teknologi internet.
Paragraf tersebut
merupakan teks persuatif bagian struktur ….
a a. Judul c. Argumen
- Tesis d. Rekomendasi
6. Bacalah teks berikut!
Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk
internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman
alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate;
teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik.
Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs
yang akan kita kunjungi.
Kalimat yang
digarisbawahi merupakan unsur kebahasaan teks persuatif, yaitu ….
a a. Kalimat ajakan c.
Kalimat tanya
- Kalimat
saran d. Kalimat seru
7. Bacalah teks
berikut!
Selamat
berakrab-akraban dengan internet. Jadikanlah wahana yang satu
ini sebagai penambah wawasan. Internet dapat dijadikan teman setia dalam
menjalani hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal-hal yang merugikan
diri sendiri dan juga dilarang oleh agama.
Kata yang
digarisbawahi merupakan unsur kebahasaan teks persuatif, yaitu ….
a a. Kata penghubung c. Kata teknis
- Kata
kerja imperatif d. Kata perujukan
8. Bacalah paragraf
berikut!
Tokoh kartun
Sinchan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak. Banyak
protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak.
Protes sebagian besar dilakukan oleh ibu-ibu. Mereka menyatakan bahwa Sinchan
mempunyai kelakuan negatif yang ternyata banyak diikuti oleh anak-anak. Tokoh
Sinchan memang mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya.
Simpulan yang
tepat dari paragraf tersebut adalah ….
a a. Tokoh Sinchan berbahaya karena seperti virus yang
menyebar kemana-mana
- Sinchan
mempunyai kelakuan yang negatif dan buruk
- Para
ibu protes terhadap tokoh Sinchan karena dianggap mempunyai kelakuan
negatif
- Sinchan
terkenal karena diprotes ibu-ibu yang tidak ingin dia dijadikan model
untuk anak-anak
9. Bacalah teks
berikut!
Belajarlah dengan
tata cara yang baik, yaitu berdoa sebelum belajar dengan niat tulus akan
belajar sungguh-sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar. Ketika kamu mulai
merasa jenuh, berhentilah sejenak untuk menenangkan otak, bisa dengan nonton
televisi(minimal 10 menit), berdiri, duduk rileks, berjalan mengelilingi
ruangan, atau juga menggerak-gerakkan badan. Setelah itu, belajarlah kembali
dengan tenang.
Paragraf tersebut
merupakan teks persuatif bagian struktur ….
a. Pengenalan isu c. Argumen
- Tesis d. Rekomendasi
10. Teks yang
menceritakan latar belakang terjadinya suatu fenomena alam, yaitu….
a.
Teks persuasi c. Pengumuman
b.
Iklan d. Teks eksplanasi
11. Berikut beberapa
hal penting yang perlu diperhatikan dalam menceritakan kembali isi teks ulasan,
kecuali…
a.
Membaca teks ulasan berulang-ulang
b.
Mencatat butir-butir pokok teks ulasan
c.
Mencatat kelebihan dan kekurangan materi yang
dipaparkan pengulas
d.
Mengomentari pengalaman hidup penulis
12. Mengulas suatu
karya mengandalkan pemahaman pembaca. Namun, pemahaman tersebut harus diimbangi
dengan sifat……
a. Kritis dan bertanggung jawab c. Bertanggung jawab dan mencari kesalahan
b.
Kritis dan suka mengkritik d. Asal jadi
13.
Cermatilah teks persuasi rumpang berikut!
Sopan santun sudah menjadi bagian dari
hidup kita, bahkan (1) …… tuntunan dalam
kehidupan bermasyarakat. Sopan santun diwujudkan dalam bentuk penampilan, tindakan, dan
bertutur. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sangat memperhatikan sopan
santun, serta mengajarkan kepada anak dan cucu mereka agar selalu (2) ….. sopan
dan santun terhadap sesama.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi
teks tersebut adalah….
a.
(1) menjadi dan (2) berlaku
b.
(1) menjadi dan (2) lakukan
c.
(1) jadikan dan (2) melakukan
d.
(1) menjadikan dan (2) melakukan
14. Karya sastra yang
ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipentaskan. Kalimat tersebut merupakan …… drama.
a.
Struktur c. Pengertian
b.
Unsur d. Ciri
15. Berikut yang
termasuk contoh judul drama tradisional adalah ….
a.
“Sahabat Sejati” c. “Legenda Jaka Tarub”
b.
“Gara-Gara Utang” d. “Sahabat Gadungan”
Bacalah teks
berikut untuk menjawab soal nomor 16-18!
Banyak
orang mengatakan bahwa membaca dapat membuka jendela dunia. Dengan membaca,
kita mendapatkan tiga hal bermanfaat karena pada dasarnya kegiatan membaca
tidak merugikan manusia. Pertama, membaca adalah jawaban dari rasa penasaran
dan ketidaktahuan. Kedua, membaca memberikan pencerahan karena buku yang kita
baca mampu memberikan inspirasi baru. Ketiga, membaca merupakan penguatan
pendapat terhadap hal yang kita yakini.
Kegemaran membaca
dapat tumbuh dengan sendirinya dari dalam diri seseorang. Namun, ada pula
kegemaran membaca yang sengaja ditumbuhkan oleh orang tua kepada anaknya.
Sebagian orang tua mencoba secara rutin membacakan cerita atau mendongeng.
Orang tua yang membacakan cerita dengan buku dapat menstimulasi anak untuk
mendengarkan sambil melihat gambar-gambar yang ada dalam buku. Hal ini menjadi
awal petualangan imajinasi anak, yaitu dengan melihat gambar atau visualisasi
dalam buku dan mendengar penceritaan dari orang tua. Dengan demikian, anak akan
tertarik untuk dibacakan buku, kemudian berkembang menjadi ketertarikan membaca
buku.
16. Pernyataan berikut
yang tidak sesuai dengan informasi pada kutipan teks tersebut
adalah….
a.
Dengan mendengarkan dongeng, petualangan imajinasi
anak dimulai.
b.
Membaca adalah jawaban dari rasa penasaran dan
ketidaktahuan.
c.
Membaca dapat membangun peradaban dan mengubah
dunia.
d.
Buku yang dibaca mampu memberikan inspirasi baru.
17. Kalimat utama
paragraf pertama teks tersebut adalah…
a.
Dengan membaca, kita mendapatkan tiga hal
bermanfaat.
b.
Banyak orang mengatakan bahwa membaca dapat membuka
jendela dunia,
c.
Kegemaran membaca dapat tumbuh dengan sendirinya
dari dalam diri seseorang.
d. Ada kegemaran membaca yang sengaja ditumbuhkan oleh
orang tua kepada anaknya.
18. Simpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut
adalah..
a. Membaca perlu dibiasakan kepada anak-anak karena
dapat memberikan banyak manfaat.
b.
Membaca harus dikembangkan sejak dini agar anak
menjadi generasi yang cerdas.
c.
Membaca boleh dikembangkan dalam diri anak-anak
untuk melatih imajinasi.
d.
Kegiatan membaca pada anak sebaiknya didampingi
oleh orang tua.
19. Pada metode
membaca SQ3R, langkah yang dilakukan pembaca, yaitu melatih diri dan berusaha
tidak membuka kembali bahan bacaan agar mendapatkan jawaban atas pertanyaan
jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan disebut….
a.
Recite and recall c. Review
b.
Question d. Survey
20. Pada metode membaca SQ3R, langkah yang dilakukan
pembaca, yaitu mengajukan pertanyaan yang belum dimengerti setelah melakukan
tahap survey disebut…..
a.
Recite and recall c. Review
b.
Question d. Survey
21. Di antara kapal-kapal yang berlabuh, agak
menepi di sebelah kiri, tampak perahu-perahu kayu menurunkan layar-layarnya.
Lelaki itu sejenak tengadah, kemudian memandang tak kenali kapal. Tatapannya
lesu jauh menerawang ke daerah-daerah penjarahannya. Ada sesuatu yang bergetar
di dalamnya, kedua kepalan tangannya dimasukkannya ke dalam saku celana kanan
dan kiri. Lelaki itu kemudian menunjuk sambil melangkah perlahan-lahan.
Sementara angin daratan mendesir bertiup malas, mengibaskan dingin di tubuhnya.
Latar tempat
penggalan cerpen di atas adalah…
a.
Pantai c. Laut
b.
Pelabuhan d. Daratan
22.
Hikayat
Si Buta dan Si Bongkok
Pada
suatu hari si Bongkok dan si Buta bersama-sama pergi ke pasar untuk berbelanja.
Setiba di pasar. Si Buta memberikan uang dua ribu rupiah kepada si Bongkok. Si
Bongkok dimintanya membelikan nasi dan sepotong daging yang agak besar. Daging
itu digigit-gigit dan dikunyah keras-keras oleh si Buta sampai melotot matanya
yang buta itu, tetapi tiba-tiba aneh, dia dapat melihat lagi. karena gembiranya
dia meloncat-loncat, lalu ditinjunya si Bongkok.
Watak si Buta
dalam cerita tersebut adalah…
a.
Pemurah dan sabar
b.
Periang dan mudah terpengaruhi
c.
Lemah lembut dan suka memberi
d.
Orang yang tidak dapat mengendalikan perasaan
23. Garis besar cerita
drama yang menunjukkan babak-babak dalam pengarahan panggung disebut…
a.
Dialog c. Prolog
b.
Skenario d. Akting
24. Watak, sifat, atau
tabiat suatu tokoh dalam pementasan drama diistilahkan dengan…
a.
Penghayatan peran c.
Akting
b.
Karakter d. Pemeran utama
25. Sambil memberi
penjelasan palsu itu George ogah menepi, seolah-olah hendak memberi jalan pada
Ben dan Carlos. Itulah saat yang menentukan. Bisakah kedua penjahat itu
dijebak? Ternyata bisa!
Enid
Blyton
Watak George dalam
kutipan tersebut adalah…
a. Pembohong c. Sopan
b.
Penipu d. Cerdik
26. Angin bertiup
menyejuk. Cuaca cerah cemerlang kena sinar rembulan. Bintang bertaburan di
langit laksana permata berserakan di atas permadani. Di sana melancarlah biduk
nelayan yang sedang mengadu untung, menantang gelombang yang penuh mara-bahaya.
Latar penggalan
cerita tersebut adalah…
a.
Siang hari di tengah laut c. Malam
hari di laut lepas
b.
Malam hari di langit biru d. Pagi
hari di samudera raya
27. Han : “Oh, si Syam, ada apa?”
Ibu : ”Sejak tadi dia belum
pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan
sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga.”
Han :
”Apa tadi habis dimarahi?”
Tema cuplikan
drama di atas adalah…
a.
Ketakutan c.
Kemarahan
b.
Kesedihan d. Kekhawatiran
28. Pagi hari sebelum anak-anaknya meninggalkan
rumah, si Ibu yang tidak dapat membekali uang memanggil anak-anaknya.
“Anak-anakku,
ibu tidak dapat membekali kalian uang. Masing-masing ibu beri sekeping pecahan
piring,” kata si Ibu kepada anak-anaknya sambil menyerahkan pecahan piring.
“Jika
ada di antara kalian yang berhasil dalam kehidupanmu dan menjadi kaya di kota
nanti, janganlah melupakan ibu dan saudara-saudaramu. Pergunakan pecahan piring
ini untuk mengenal kembali saudara-saudaramu dengan jalan mencocokkannya
kembali!” Kata si Ibu lagi.
“Terima
kasih, Ibu,” sahut Dampo Awang dan saudara-saudaranya.
Tema
cuplikan legenda Dampo Awang di atas adalah….
a.
Perpecahan keluarga c. Menyatukan persaudaraan kembali
b.
Keberhasilan seseorang d.
Melupakan orang tua
29. Watak ibu pada
cuplikan legenda Dampo Awang di atas adalah….
a.
Bertindak adil dan bijaksana c. Bijaksana
b.
Kikir dan bijaksana d. Rewel
30. Amanat cuplikan
legenda Dampo Awang di atas adalah….
a.
Setelah berhasil, kita melupakan orang tua
b.
Kita harus selalu mengingat kepada orang tua (ibu)
c.
Kita tidak boleh melupakan orang tua (ibu) dan
saudara-saudara kita
d.
Kita senantiasa ingat saudara-saudara saja
ESSAY
1.
Isilah titik berikut dengan konjungsi (kata
penghubung) yang tepat! (point 10)
Masyarakat
pecinta lingkungan ……………….. bertempat tinggal ………………….. sekitar laut Ujong
Blang Lhokseumawe merasa sedih. Mereka melihat banyak sampah di tepi laut
tersebut. ……………………, slogan kebersihan sebagian dari iman sudah terpasang
…………………. mana-mana. ……………………… slogan itu terpajang bertahun-tahun, kenyataannya
masih ditemukan sampah …………………….. dibuang ke sungai. ……………………………, masyarakat
pecinta lingkungan ……………………. sekitar laut Ujong Blang Lhokseumawe tertarik
membuat slogan baru ………………………. mengajak …………………. menumbuhkan kembali karakter
cinta kebersihan lingkungan.
2. Tulislah cuplikan drama bertema
pendidikan! (point 30)
3. Tulislah
teks persuasi yang berjudul “Kejujuran
dalam Pertemanan” dengan memerhatikan penggunaan huruf kapital, ejaan, dan
tanda baca yang tepat! (Minimal 3 paragraf / point 30)
No comments:
Post a Comment