Tuesday, May 14, 2019

UAS B. INDONESIA VIII 2018/2019


1.      Paragraf berikut yang merupakan teks persuasif adalah ….
a.  BJ. Habibie merupakan tokoh yang sangat dikagumi bukan hanya di Indonesia, melainkan di luar negeri juga. Otaknya yang cemerlang dan jasanya terhadap bangsa ini menempatkan beliau pada 5 besar tokoh terpintar di dunia.
b.      Banyak siswa yang melanggar kedisiplinan akhir-akhir ini. Semua itu karena kurangnya kesadaran mereka untuk mematuhi peraturan. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan nilai-nilai kedisiplinan kepada para siswa agar mereka mau menaati peraturan yang dibuat.
c.       Film Laskar Pelangi menuai sukses besar. Lebih dari 1 juta penonton hingga hari ini film tersebut ditayangkan. Antrean panjang di setiap bioskop menjadi pemandangan yang biasa sejak ditayangkannya Laskar Pelangi di bioskop-bioskop.
d.      Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

2.      Bacalah teks berikut!
(1) Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. (2) Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. (3) Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial. (4) Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. (5) Kami organisasi Sosial Peduli kasih tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.
Kalimat bujukan atau imbauan pada teks tersebut ditandai oleh nomor ….
     a. 1                                                                             c. 3
  1. 2                                                                          d. 4
3.      Bacalah teks berikut!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
Simpulan yang tepat untuk teks tersebut adalah ….

    a. Pecandu rokok harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan.
  1. Harga rokok di luar negeri sangat mahal bahkan setara dengan pendapatan buruh.
  2. Orang Cina menghabiskan rokok lebih banyak daripada makanan dan kebutuhan pokok.
  3. Di Malaysia harga rokok mencapai 20 ringgit setiap batangnya.
4.      Kalimat berikut yang merupakan kalimat ajakan adalah ….
a.       Bukakan pintu untukku!
b.      Bacalah buku sebanyak mungkin!
c.       Minum obatmu tiga kali sehari!
d.      Marilah kita menjaga lingkungan bersama-sama!

5.      Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate; teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi. Bijaklah menggunakan teknologi internet.
Paragraf tersebut merupakan teks persuatif bagian struktur ….

a           a. Judul                                       c. Argumen
  1. Tesis                                       d. Rekomendasi
6.      Bacalah teks berikut!
Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate; teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.
Kalimat yang digarisbawahi merupakan unsur kebahasaan teks persuatif, yaitu ….
a            a. Kalimat ajakan                                                         c. Kalimat tanya
  1. Kalimat saran                                                            d. Kalimat seru
7.      Bacalah teks berikut!
Selamat berakrab-akraban dengan internet. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan. Internet dapat dijadikan teman setia dalam menjalani hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan juga dilarang oleh agama.
Kata yang digarisbawahi merupakan unsur kebahasaan teks persuatif, yaitu ….
a         a. Kata penghubung                                          c. Kata teknis
  1. Kata kerja imperatif                                      d. Kata perujukan
8.      Bacalah paragraf berikut!
Tokoh kartun Sinchan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak. Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak. Protes sebagian besar dilakukan oleh ibu-ibu. Mereka menyatakan bahwa Sinchan mempunyai kelakuan negatif yang ternyata banyak diikuti oleh anak-anak. Tokoh Sinchan memang mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya.
Simpulan yang tepat dari paragraf tersebut adalah ….

a         a. Tokoh Sinchan berbahaya karena seperti virus yang menyebar kemana-mana
  1. Sinchan mempunyai kelakuan yang negatif dan buruk
  2. Para ibu protes terhadap tokoh Sinchan karena dianggap mempunyai kelakuan negatif
  3. Sinchan terkenal karena diprotes ibu-ibu yang tidak ingin dia dijadikan model untuk anak-anak
9.      Bacalah teks berikut!
Belajarlah dengan tata cara yang baik, yaitu berdoa sebelum belajar dengan niat tulus akan belajar sungguh-sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar. Ketika kamu mulai merasa jenuh, berhentilah sejenak untuk menenangkan otak, bisa dengan nonton televisi(minimal 10 menit), berdiri, duduk rileks, berjalan mengelilingi ruangan, atau juga menggerak-gerakkan badan. Setelah itu, belajarlah kembali dengan tenang.
Paragraf tersebut merupakan teks persuatif bagian struktur ….
a. Pengenalan isu                                              c. Argumen
  1. Tesis                                                                 d. Rekomendasi
10.  Teks yang menceritakan latar belakang terjadinya suatu fenomena alam, yaitu….
a.       Teks persuasi                                               c. Pengumuman
b.      Iklan                                                               d. Teks eksplanasi

11.  Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menceritakan kembali isi teks ulasan, kecuali
a.       Membaca teks ulasan berulang-ulang
b.      Mencatat butir-butir pokok teks ulasan
c.       Mencatat kelebihan dan kekurangan materi yang dipaparkan pengulas
d.      Mengomentari pengalaman hidup penulis

12.  Mengulas suatu karya mengandalkan pemahaman pembaca. Namun, pemahaman tersebut harus diimbangi dengan sifat……
a.    Kritis dan bertanggung jawab                  c. Bertanggung jawab dan mencari kesalahan
b.      Kritis dan suka mengkritik                      d. Asal jadi

13.  Cermatilah teks persuasi rumpang berikut!
Sopan santun sudah menjadi bagian dari hidup kita, bahkan (1) …… tuntunan dalam  kehidupan bermasyarakat. Sopan santun diwujudkan  dalam bentuk penampilan, tindakan, dan bertutur. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sangat memperhatikan sopan santun, serta mengajarkan kepada anak dan cucu mereka agar selalu (2) ….. sopan dan santun terhadap sesama.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah….
a.       (1) menjadi dan (2) berlaku
b.      (1) menjadi dan (2) lakukan
c.       (1) jadikan dan (2) melakukan
d.      (1) menjadikan dan (2) melakukan

14.  Karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipentaskan. Kalimat tersebut merupakan …… drama.
a.       Struktur                                                         c. Pengertian
b.      Unsur                                                             d. Ciri

15.  Berikut yang termasuk contoh judul drama tradisional adalah ….
a.       “Sahabat Sejati”                                            c. “Legenda Jaka Tarub”
b.      “Gara-Gara Utang”                                       d. “Sahabat Gadungan”


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 16-18!
Banyak orang mengatakan bahwa membaca dapat membuka jendela dunia. Dengan membaca, kita mendapatkan tiga hal bermanfaat karena pada dasarnya kegiatan membaca tidak merugikan manusia. Pertama, membaca adalah jawaban dari rasa penasaran dan ketidaktahuan. Kedua, membaca memberikan pencerahan karena buku yang kita baca mampu memberikan inspirasi baru. Ketiga, membaca merupakan penguatan pendapat terhadap hal yang kita yakini.
Kegemaran membaca dapat tumbuh dengan sendirinya dari dalam diri seseorang. Namun, ada pula kegemaran membaca yang sengaja ditumbuhkan oleh orang tua kepada anaknya. Sebagian orang tua mencoba secara rutin membacakan cerita atau mendongeng. Orang tua yang membacakan cerita dengan buku dapat menstimulasi anak untuk mendengarkan sambil melihat gambar-gambar yang ada dalam buku. Hal ini menjadi awal petualangan imajinasi anak, yaitu dengan melihat gambar atau visualisasi dalam buku dan mendengar penceritaan dari orang tua. Dengan demikian, anak akan tertarik untuk dibacakan buku, kemudian berkembang menjadi ketertarikan membaca buku.

16.  Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan informasi pada kutipan teks tersebut adalah….
a.       Dengan mendengarkan dongeng, petualangan imajinasi anak dimulai.
b.      Membaca adalah jawaban dari rasa penasaran dan ketidaktahuan.
c.       Membaca dapat membangun peradaban dan mengubah dunia.
d.      Buku yang dibaca mampu memberikan inspirasi baru.

17.  Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut adalah…
a.       Dengan membaca, kita mendapatkan tiga hal bermanfaat.
b.      Banyak orang mengatakan bahwa membaca dapat membuka jendela dunia,
c.       Kegemaran membaca dapat tumbuh dengan sendirinya dari dalam diri seseorang.
d.   Ada kegemaran membaca yang sengaja ditumbuhkan oleh orang tua kepada anaknya.

18.   Simpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah..
a. Membaca perlu dibiasakan kepada anak-anak karena dapat memberikan banyak manfaat.
b.      Membaca harus dikembangkan sejak dini agar anak menjadi generasi yang cerdas.
c.       Membaca boleh dikembangkan dalam diri anak-anak untuk melatih imajinasi.
d.      Kegiatan membaca pada anak sebaiknya didampingi oleh orang tua.


19.  Pada metode membaca SQ3R, langkah yang dilakukan pembaca, yaitu melatih diri dan berusaha tidak membuka kembali bahan bacaan agar mendapatkan jawaban atas pertanyaan jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan disebut….
a.       Recite and recall                                            c. Review
b.       Question                                                          d. Survey

20.   Pada metode membaca SQ3R, langkah yang dilakukan pembaca, yaitu mengajukan pertanyaan yang belum dimengerti setelah melakukan tahap survey disebut…..
a.       Recite and recall                                            c. Review
b.       Question                                                        d. Survey

21.   Di antara kapal-kapal yang berlabuh, agak menepi di sebelah kiri, tampak perahu-perahu kayu menurunkan layar-layarnya. Lelaki itu sejenak tengadah, kemudian memandang tak kenali kapal. Tatapannya lesu jauh menerawang ke daerah-daerah penjarahannya. Ada sesuatu yang bergetar di dalamnya, kedua kepalan tangannya dimasukkannya ke dalam saku celana kanan dan kiri. Lelaki itu kemudian menunjuk sambil melangkah perlahan-lahan. Sementara angin daratan mendesir bertiup malas, mengibaskan dingin di tubuhnya.
Latar tempat penggalan cerpen di atas adalah…
a.       Pantai                                                                        c. Laut
b.      Pelabuhan                                                                d. Daratan


22.                                                  Hikayat Si Buta dan Si Bongkok
Pada suatu hari si Bongkok dan si Buta bersama-sama pergi ke pasar untuk berbelanja. Setiba di pasar. Si Buta memberikan uang dua ribu rupiah kepada si Bongkok. Si Bongkok dimintanya membelikan nasi dan sepotong daging yang agak besar. Daging itu digigit-gigit dan dikunyah keras-keras oleh si Buta sampai melotot matanya yang buta itu, tetapi tiba-tiba aneh, dia dapat melihat lagi. karena gembiranya dia meloncat-loncat, lalu ditinjunya si Bongkok.
Watak si Buta dalam cerita tersebut adalah…
a.       Pemurah dan sabar
b.      Periang dan mudah terpengaruhi
c.       Lemah lembut dan suka memberi
d.      Orang yang tidak dapat mengendalikan perasaan

23.  Garis besar cerita drama yang menunjukkan babak-babak dalam pengarahan panggung disebut…
a.       Dialog                                                                        c. Prolog
b.      Skenario                                                                   d. Akting

24.  Watak, sifat, atau tabiat suatu tokoh dalam pementasan drama diistilahkan dengan…
a.       Penghayatan peran                                      c. Akting
b.      Karakter                                                           d. Pemeran utama

25.  Sambil memberi penjelasan palsu itu George ogah menepi, seolah-olah hendak memberi jalan pada Ben dan Carlos. Itulah saat yang menentukan. Bisakah kedua penjahat itu dijebak? Ternyata bisa!
Enid Blyton
Watak George dalam kutipan tersebut adalah…
a.       Pembohong                                                  c. Sopan
b.      Penipu                                                           d. Cerdik

26.  Angin bertiup menyejuk. Cuaca cerah cemerlang kena sinar rembulan. Bintang bertaburan di langit laksana permata berserakan di atas permadani. Di sana melancarlah biduk nelayan yang sedang mengadu untung, menantang gelombang yang penuh mara-bahaya.
Latar penggalan cerita tersebut adalah…
a.       Siang hari di tengah laut                             c. Malam hari di laut lepas  
b.      Malam hari di langit biru                             d. Pagi hari di samudera raya



27.  Han           : “Oh, si Syam, ada apa?”

Ibu             : ”Sejak tadi dia belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan
   sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga.”

       Han          : ”Apa tadi habis dimarahi?”
Tema cuplikan drama di atas adalah…
a.       Ketakutan                                                      c. Kemarahan
b.      Kesedihan                                                     d. Kekhawatiran


28.          Pagi hari sebelum anak-anaknya meninggalkan rumah, si Ibu yang tidak dapat membekali uang memanggil anak-anaknya.
“Anak-anakku, ibu tidak dapat membekali kalian uang. Masing-masing ibu beri sekeping pecahan piring,” kata si Ibu kepada anak-anaknya sambil menyerahkan pecahan piring.
“Jika ada di antara kalian yang berhasil dalam kehidupanmu dan menjadi kaya di kota nanti, janganlah melupakan ibu dan saudara-saudaramu. Pergunakan pecahan piring ini untuk mengenal kembali saudara-saudaramu dengan jalan mencocokkannya kembali!” Kata si Ibu lagi.
“Terima kasih, Ibu,” sahut Dampo Awang dan saudara-saudaranya.
Tema cuplikan legenda Dampo Awang di atas adalah….
a.       Perpecahan keluarga                                   c. Menyatukan persaudaraan kembali
b.      Keberhasilan seseorang                              d. Melupakan orang tua

29.  Watak ibu pada cuplikan legenda Dampo Awang di atas adalah….
a.       Bertindak adil dan bijaksana                      c. Bijaksana
b.      Kikir dan bijaksana                                        d. Rewel


30.  Amanat cuplikan legenda Dampo Awang di atas adalah….
a.       Setelah berhasil, kita melupakan orang tua
b.      Kita harus selalu mengingat kepada orang tua (ibu)
c.       Kita tidak boleh melupakan orang tua (ibu) dan saudara-saudara kita
d.      Kita senantiasa ingat saudara-saudara saja



ESSAY

1.       Isilah titik berikut dengan konjungsi (kata penghubung) yang tepat! (point 10)
Masyarakat pecinta lingkungan ……………….. bertempat tinggal ………………….. sekitar laut Ujong Blang Lhokseumawe merasa sedih. Mereka melihat banyak sampah di tepi laut tersebut. ……………………, slogan kebersihan sebagian dari iman sudah terpasang …………………. mana-mana. ……………………… slogan itu terpajang bertahun-tahun, kenyataannya masih ditemukan sampah …………………….. dibuang ke sungai. ……………………………, masyarakat pecinta lingkungan ……………………. sekitar laut Ujong Blang Lhokseumawe tertarik membuat slogan baru ………………………. mengajak …………………. menumbuhkan kembali karakter cinta kebersihan lingkungan.

2.       Tulislah cuplikan drama bertema pendidikan! (point 30)
3. Tulislah teks persuasi  yang berjudul “Kejujuran dalam Pertemanan” dengan memerhatikan penggunaan huruf kapital, ejaan, dan tanda baca yang tepat! (Minimal 3 paragraf / point 30)


No comments:

Post a Comment